12 Manfaat Jahe Merah yang Harus Kamu Tahu

 
Khasiat Jahe merah untuk kesehatan, cara mengolah jahe merah dengan madu untuk kecantikan

Haloo sobat ngalong dimana pun kalian berada kali ini saya akan bahas manfaat dari jahe. Buat kalian yg belum tahu apa itu Jahe saya akan jelaskan jadi Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat limpang nya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan salah satu nya adalah jenis jahe merah.
 
Manfaat jahe merah tak kalah dengan jenis jahe lainnya tanaman rimpang ini memiliki nama Latin "Zingiber officinale" Jahe ini sangat bermanfaat untuk berbagai pengobatan dan sebagai tanaman rempah tidak seperti jahe pada umumnya jenis jahe ini terasa lebih pedas ukurannya lebih kecil dan memiliki warna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya.

berikut ini zonangalong telah merangkum 12 ragam manfaat jahe merah bagi kesehatan.

1. Meredakan Batuk

Manfaat Jahe yg pertama untuk meredakan batuk secara tradisional khasiat jahe sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan biasanya jahe dikonsumsi dalam bentuk teh.

Kandungan flavonoid yang ada pada jahe merah memiliki sifat anti-peradangan jadi tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan terutama radang tenggorokan.

2. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat Jahe yg kedua dapat meredakan sakit kepala. Jika anda sobat ngalong sering merasakan sakit kepala cobalah meminum ramuan yang terbuat dari jahe merah karena sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri di kepala anda cukup memotong jahe secara tipis - tipis kemudian menyeduhnya dengan air panas dan diminum selagi jamu jahe merah hangat.

3. Memperkuat Imun

Manfaat Jahe yg ketiga dapat memperkuat imun dikarenakan jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh selain kedua kandungan tersebut jahe juga memiliki kandungan gingerol dan shogaol sebagai antioksidan bagi tubuh.

4. Mengobati Radang 

Manfaat Jahe yg ke empat bisa membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe merah seperti sitokin dan enzim siklooksigenase yang bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh Selain itu jahe juga mengandung sifat antiinflamasi yang bekerja melawan peradangan.

5. Mengatasi Rematik

Manfaat Jahe yg ke lima mengatasi rematik jahe merah memiliki kandungan yang bisa giras sakit dan mengurangi pembengkakan penyakit rematik atau asam urat dapat diatasi dengan menggunakan jahe merah cara mendapatkan khasiat jahe merah sangat mudah rebus rimpang jahe merah bersama dengan temulawak kumis kucing cabe jawa dan daun komfrey hingga mendidih air rebusan ini dapat diminum dua kali sehari 

6. Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat Jahe yg ke enam dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini di karenakan kandungan dalam jahe merah sangat banyak dan sangat berguna untuk membuang racun dalam tubuh salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah akan menghambat aliran darah, salah satu manfaat jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hilang.

7. Mencegah Kanker

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Us National Library of Medicine Institute of Health menyebutkan kalau jahe dapat membantu mencegah kanker hal ini karena jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus. Jahe juga memiliki fungsi anti inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim.

8. Mengurangi Rasa Nyeri saat Haid

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi untuk mendapatkan manfaat jahe dalam meredakan nyeri saat haid.

9. Meredakan Rasa Mual

Jahe memiliki rasa sedikit pedas dengan wangi khas yang dapat membantu meredakan rasa mual didalam tubuh. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah serta jahe juga bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi kemoterapi dan kehamilan atau morning sickness.

10. Meningkatkan Kesuburan 

Manfaat Jahe yg selanjutnya dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita ini di karena kan jahe merah mengandung  L-Arginine yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga secara tidak langsung bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi.

11. Mampu Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan jahe merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan salah satu manfaat jahe merah untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan jahe merah sangat mudah cara nya dengan membersihkan jahe lalu dipijatkan pada wajah secara perlahan dan kemudian tutup seluruh wajah dengan irisan jahe merah.

12. Mengobati Asma

Khasiat jahe merah yang terakhir adalah untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas ini di sebabkan karena jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yg sangat tinggi. Jahe merah dapat menjadi sahabat terbaik bagi penderita penyakit pernapasan. Bagi yang belum tahu kandungan minyak atsiri pada jahe merah mampu melegakan saluran pernapasan yang dapat menyembuhkan gangguan pernapasan seperti sesak nafas atau asma kulit.

Nah itu tadi 12 manfaat jahe merah untuk kesehatan meski beberapa penelitian mengatakan banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan beberapa temuan tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut Jika Anda ragu untuk mengkonsumsi jahe merah sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya terima kasih.

Related Posts

Load comments

Comments