Kadar Gula Darah Tinggi ? Turunkan segera dengan 10 Makanan Ini

 


Obat penurun gula darah, Makanan penurun gula darah dan kolesterol, Obat herbal Penurun gula darah di Apotik, Minuman penurun gula darah, Makanan penurun gula darah yang Aman untuk ibu hamil, Permen penurun gula darah, Gula darah tinggi 400, Cara menurunkan gula darah dan kolesterol.

Haloo selamat datang kembali sobat ngalong sumua nya, ngomongin tentang diabetes ada satu kondisi yang selalu mengiringnya yaitu kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh kondisi inilah yang sering dialami oleh pengidap diabetes, bagi pengidap gangguan kesehatan tersebut pengaturan pola makan menjadi bagian utama untuk menjaga kesehatan kadar gula darah meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas stres dan juga genetika berperan dalam menjaga gula darah.

Lantas bagaimana cara menurunkan gula darah nah berikut ngalong.id telah merangkum makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah.

1. Kacang - Kacangan 

Pic from pixabay

Salah satu makanan yang dapat menurunkan hgula daraha ialah Kacang-kacangan. Makanan ini kaya serat dan rendah indeks glikemik disamping itu kacang-kacangan juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya seperti vitamin antioksidan, flavonoid, mineral, magnesium dan kalium. 

Menurut studi sistemik pada tahun 2014 menyimpulkan kacang-kacangan bermanfaat bagi pengidap diabetes hal yang perlu diingat kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah kacang utuh dan bukan kacang yang sudah mengalami proses pabrikasi atau mengandung perasa.

2. Bawang Putih

Pic from pixabay

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa bawang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan cara meningkatkan kadar insulin dalam tubuh alasannya bawang putih mengandung beberapa senyawa yang dapat meningkatkan sensitifitas insulin. 

Studi pada tahun 2017 dalam food and nutrition research menemukan bahwa mengonsumsi 0,05 hingga 1,5 gram bawang putih dalam bentuk suplemen per hari dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe-2. Secara signifikan bawang putih bisa dikonsumsi dengan berbagai cara salah satunya ditambahkan kedalam masakan tapi ingat konsumsi terlalu banyak jadi konsumsilah secukupnya saja.

3. Berry

Pic from pixabay

Buah berry seperti blueberry dan blackberry tidak meningkatkan kadar gula darah seperti kebanyakan buah lainnya, buah-buahan berry ini kaya akan serat dan memiliki konsentrasi antosianin tertinggi antosianin yang dikenal mampu melancarkan pencernaan.

Selain itu, antosianin dapat  pula mencegah kenaikan gula darah setelah mengonsumsi makanan kaya pati. Blueberry juga dapat meningkatkan sensitifitas insulin dalam resistensi insulin.

4. Brokoli

Pic from pixabay

Senyawa sulforaphane merupakan tipe isothiocyanate yang mempunyai sifat pengurangan gula darah. Riset pada hewan ataupun manusia menampilkan kalau ekstrak brokoli yang kaya sulforaphane mempunyai efek antidiabetes yang kokoh sehingga membantu menaikkan sensitifitas insulin serta mengurangi gula darah.

5. OatMeal

Pic from pixabay

Oatmeal merupakan makanan dengan indeks glikemik yang terbilang rendah, oatmeal cocok dimanfaatkan untuk membantu menurunkan gula darah dan menariknya lagi oatmeal mengandung serat larut atau beta-glukan yang berfungsi membantu meningkatkan respon insulin dan menurunkan gula darah. Oatmeal juga memiliki efek untuk mengontrol glukosa darah pada pengidap diabetes tipe-2 meski begitu dokter merekomendasikan pengidap diabetes perlu membatasi konsumsi oatmeal.


6.  Jeruk

Pic from pixabay

Meskipun banyak buah jeruk yang manis penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah, buah jeruk dianggap buah glikemik rendah karena tidak mempengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lain seperti semangka dan nanas. 

7. Labuh

Pic from pixabay

Berwarna cerah dan dikemas dengan serat dan antioksidan labu adalah pilihan tepat untuk mengatur gula darah faktanya labu kuning dilaporkan telah banyak digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti meksiko dan iran. Selain mengandung serat dan antioksidan labu juga kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida.

Polisakarida sudah dipelajari untuk mengurangi kadar gula darahnya, perawatan dengan ekstrak serta bubuk labu sendiri sudah teruji dapat mengurangi kandungan gula darah secara signifikan baik riset pada manusia ataupun pada hewan. Tetapi riset lebih lanjut dibutuhkan buat memastikan bagaimana labu utuh seperti saat dimakan dengan metode dipanggang ataupun dikukus bisa berguna untuk gula darah.
 

8. Ikan Tuna 

Pic from pixabay

Cara menurunkan gula darah bisa juga melalui asupan ikan tuna, makanan yang mengandung protein tinggi ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki diri. Protein tidak meningkatkan kadar glikemik sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

Selain itu protein juga meningkatkan rasa kenyang jadi mengandalkan protein untuk merasa kenyang bisa menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darah ketimbang roti, nasi atau pasta. Ikan tuna adalah sumber protein yang bagus rendah lemak tidak sehat dan sumber asam lemak omega-3 yang baik dan ada beberapa jenis ikan yang juga direkomendasikan adalah ikan kembung dan ikan salmon.

9. Alpukat

Pic from pixabay

Selain lembut dan lezat alpukat dapat menawarkan manfaat yang luar biasa sebagai buah penurun gula darah. Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat serat vitamin dan mineral sehingga menambahkannya ke dalam makanan dapat mengontrol atau bahkan menurunkan kadar gula darah.

10. Kakao

Pic from pixabay

Kakao adalah biji mirip kacang yang digunakan untuk membuat selai coklat atau manisan seperti mentega coklat. Sebelum diolah kakao memiliki rasa pahit biji kakao kaya anti oksidan dan mengandung flavanols epikatekin yang mengatur produksi glukosa kondisi ini dapat membantu menstabilkan gula darah bahkan untuk pengidap diabetes.

Nah itulah 10 makanan yang dikenal mampu menurunkan gula darah tubuh semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat ngalong semua.

Related Posts

Load comments

Comments